Penetapan Peserta Lulus Seleksi Berkas Dan Jadwal Ujian Rekrutmen Tenaga Kerja Kontrak (Pegawai Non Pns) Bagian Pengadaan Barang Dan Jasa Pemerintah Sekretariat Kabupaten Kutai Barat Tahun 2018

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI BARAT

SEKRETARIAT DAERAH

Komplek Perkantoran Kabupaten Kutai Barat Telp. (0542) 594754 Fax.(0542) 594756–594795

SENDAWAR

 

 

PENGUMUMAN

Nomor : 810/143/PBJ/V/2018

Tanggal : 28 Mei 2018

TENTANG

PENETAPAN PESERTA LULUS SELEKSI BERKAS DAN JADWAL UJIAN REKRUTMEN TENAGA KERJA KONTRAK (PEGAWAI NON PNS)

BAGIAN PENGADAAN BARANG DAN JASA PEMERINTAH SEKRETARIAT KABUPATEN KUTAI BARAT

TAHUN 2018

Berdasarkan Berita Acara Seleksi Berkas Lamaran (BASBL) Nomor : 810/142/PBJ/V/2018 tanggal 28 Mei 2018  bersama ini Tim Seleksi Tenaga Kerja Kontrak Pada Lingkup Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Tahun Anggaran 2018 yang dibentuk melalui Surat Keputusan Bupati Kutai Barat Nomor 800.05.814/K.259/2018 Tanggal 23 April 2018, dengan ini menetapkan nama-nama dibawah ini yaitu :

  1. Penetapan Peserta Ujian Pelamar Analisis Sistem Informasi (Kode A1)
Nomor Pendaftaran Nama Lengkap
A1-02 Achmadi Arief Saputra, S.Kom
A1-07 Thomas Wiga Heru Prasetya
A1-08 Eko Ardana

 

 

 

 

 

  1. Penetapan Peserta Ujian Pelamar Pengendali Teknologi Informasi (Kode A2)
Nomor Pendaftaran Nama Lengkap
A2-01 Andry Noer Adriansyah
A2-03 Adrianus Florentino Moa
A2-04 Titus Arianto
A2-08 Kardaniyati

 

Diharapkan untuk dapat melaksanakan ujian tertulis, tes psikologi / bakat kepribadian, dan wawancara yang sedianya dilaksanakan pada :

Hari / Tanggal             : Rabu, 30 Mei 2018

Jam                              : Pukul 08:45 sampai dengan selesai

Tempat                        : Ruang Diklat Lantai 3 Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Barat (Kantor

Bupati Kutai Barat) – Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Kutai

Barat

Catatan                       : Harap hadir dengan membawa dokumen yang dikirimkan saat

pendaftaran secara elektronik dan alat tulis

Rangkaian kegiatan dilaksanakan dengan tentatif penjadwalan sebagai berikut :

 

 

Kegiatan Waktu
1.      Pencetakan soal randomized auto-generated oleh Tim Seleksi untuk masing-masing peserta 08:00 s.d 08:45 WITA
2.      Verifikasi Identitas, verifikasi berkas lamaran, penyimpanan barang yang tidak diperkenankan selama ujian, dan Pemberian kit ujian tertulis peserta 08:45 s.d 08:59 WITA
3.      Ujian tertulis (Durasi 180 menit) 09:00 s.d 12:00 WITA
4.      ISHOMA 12:00 s.d 13:00 WITA
5.      Tes Psikologi / Bakat Kepribadian 13:00 s.d 14:00 WITA
6.      Wawancara 14:00 s.d 15:00 WITA

 

Dalam rangka transparansi dan akuntabilitas hasil seleksi yang diselenggarakan, maka melalui pengumuman ini disampaikan beberapa hal penting yang menjadi aturan dalam pelaksanaan seleksi, yaitu :

  1. Peserta datang tepat waktu.
  2. Pelaksanaan kegiatan ujian seleksi dilaksanakan menggunakan sistem gugur atas penilaian komprehensif yang dilaksanakan oleh tim seleksi.
  3. Jadwal Pelaksanaan Ujian Tertulis tidak dapat diganggu-gugat, dan apabila tidak hadir dianggap mengundurkan diri.
  4. Penilaian komprehensif tersebut diatas dilaksanakan dengan penghitungan terbobot sebagai berikut :

 

 

 

Uraian Bobot (%)
1.      Nilai Konversi Skor IPK 25
2.      Ujian Tertulis 40
3.      Penilaian Wawancara dan Kesesuaian Psikologis / Bakat 35
Jumlah Bobot 100

Pembobotan berlaku pada posisi A1 dan A2, dan akan dipilih peserta dengan hasil penilaian tertinggi.

  1. Sebagai wujud transparansi dan akuntabilitas maka hasil pemindaian dari kertas kerja Ujian tertulis seluruh peserta yang menghadiri Ujian akan dicantumkan sebagai lampiran pengumuman yang dapat dilihat oleh khalayak ramai.
  2. Ujian tertulis bersifat terbuka / open book (buku fisik), dengan ketentuan selama ujian berlangsung seluruh alat komunikasi, gawai / gadget (smartphone, wearable, smartwatch, notebook, tablet, dan sejenisnya), dan buku elektronik tidak diperkenankan dioperasikan dan disimpan oleh panitia untuk disimpan dalam brankas penitipan dalam kondisi mati.
  3. Alat tulis dan buku yang akan digunakan oleh peserta disediakan oleh masing-masing peserta, tim seleksi hanya menyediakan lembar soal dan lembar jawaban.
  4. Ujian tertulis dilaksanakan dengan detil butir soal sebagai berikut :
Uraian Bobot Nilai Keterangan
1.      Soal statistik sederhana dengan materi Penyajian data tidak berkelompok 5 Tiap peserta disajikan data yang berbeda yang digenerate secara acak oleh komputer, angka terus diacak hingga menjelang proses pencetakan untuk menjamin keamanan dan kebocoran dari soal, perbedaan soal untuk masing-masing peserta adalah untuk menjamin kompetisi antar peserta tetap terjaga dengan kualitas tingkat kesulitan yang setara.
2.      Soal statistik menengah dengan materi penyajian data berkelompok 25 Tiap peserta disajikan data yang berbeda yang digenerate secara acak oleh komputer, angka terus diacak hingga menjelang proses pencetakan untuk menjamin keamanan dan kebocoran dari soal, perbedaan soal untuk masing-masing peserta adalah untuk menjamin kompetisi antar peserta tetap terjaga dengan kualitas tingkat kesulitan yang setara. Peserta diperkenankan menggunakan kalkulator yang memiliki fungsi logaritma, kalkulator yang digunakan adalah kalkulator konvensional (bukan aplikasi gawai/gadget)
3.      Menulis source code sederhana untuk membuat program pengolahan inputan sederhana dengan bentuk percabangan 10 Dilaksanakan secara tertulis, peserta dapat menggunakan bahasa pemrograman yang dikuasai, pemrograman yang dilaksanakan adalah pemrograman terstruktur.
4.      Menulis source code sederhana untuk membuat program dengan kompetensi pengenalan pola kasus dengan bentuk proses pengulangan. 10 Dilaksanakan secara tertulis, peserta dapat menggunakan bahasa pemrograman yang dikuasai, pemrograman yang dilaksanakan adalah pemrograman terstruktur.
5.      Database dan Structured Query Language (SQL) 50 Merupakan soal dengan bobot terbesar dikarenakan menjadi core / inti pelaksanaan tugas setelah dinyatakan lulus, peserta akan dihadapkan pada hal-hal sebagai berikut :

1.      Pendeskripsian entitas yang ada dalam kasus yang dihadapi

2.      Menguji Kemampuan memilah atribut entitas dengan datum

3.      Mendeteksi dan melakukan formulasi relasi / hubungan antar entitas

4.      Menuangkan keseluruhan informasi yang telah dihimpun dalam bentuk Entity Relationship Diagram (ERD).

5.      Melakukan mapping atas ERD yang telah dibentuk.

6.      Melakukan pengisian atas hasil mapping yang telah dilakukan dengan isian atas masing-masing datum yang telah di deskripsikan sebelumnnya.

7.      Membentuk perintah SQL atas keluaran yang telah dispesifikasikan pada soal dengan menggunakan atribut-atribut hasil mapping yang telah dilaksanakan.

 

  1. Tujuan penjelasan materi yang dilaksanakan dalam ujian tertulis tersebut diatas adalah untuk memastikan bahwa masing-masing peserta memiliki kesempatan yang sama dalam melakukan persiapan terbaik sebelum menghadapi ujian tertulis.
  2. Pelaksanaan tes psikologis dan pengenalan bakat dilaksanakan dengan menggunakan perangkat elektronik yang disediakan oleh tim seleksi secara Computer Assisted Test (CAT).
  3. Hasil penilaian wawancara dan kesesuaian psikologis / bakat hanya akan ditampilkan angka akhir saja, dimana lembar kerja tim seleksi tidak dipublikasikan termasuk kepada peserta dan hanya diketahui oleh pihak terkait secara administratif karena bersifat rahasia dan pribadi.
  4. Posisi pertama pada masing-masing lowongan adalah peserta dengan penilaian komprehensif tertinggi yang tidak mengundurkan diri, apabila peserta tersebut mengundurkan diri tanpa adanya tekanan dibuktikan dengan surat keterangan yang ditandatangani dan bermaterai oleh yang bersangkutan maka posisi peringkat dibawahnya menjadi naik sebagai peringkat 1 dan seterusnya.
  5. Dalam hal terdapat kondisi tak terduga diluar dari kewenangan tim seleksi yang menyebabkan hasil seleksi ini tidak dapat digunakan, maka seluruh peserta tidak berhak menuntut tim seleksi.
  6. Segala bentuk pelanggaran/kecurangan berakibat gugurnya peserta secara langsung.
  7. Melalui Pengumuman ini seluruh peserta dipandang telah membaca seluruh ketentuan, siap mengikuti dan menyetujui ketentuan yang telah ditetapkan yang berpengaruh terhadap hasil penilaian tim seleksi.

 

 

Demikian disampaikan untuk menjadi perhatian dan diketahui.

 Tim Seleksi Tenaga Kerja Kontrak Pada Lingkup Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Tahun Anggaran 2018

Unduh Dokumen : 3. Pengumuman Penetapan Peserta Ujian dan Seleksi