Publikasi Rancangan Peraturan Bupati Manajemen Risiko Pengadaan Barang / Jasa

Sehubungan dengan dilaksanakan nya kegiatan Manajemen Risiko pada Sub-Bagian Perencanaan dan Pembinaan pada Bagian Pengadaan Barang dan Jasa dimana salah satu sub-indikator keberhasilannya adalah tersedianya laporan manajemen risiko, salah satu upaya untuk memastikan manajemen risiko dapat berlangsung dengan baik dan memiliki laporan yang terstandar adalah adanya dokumen pedoman dalam bentuk Rancangan Peraturan Bupati. Dokumen Rancangan Peraturan Bupati Manajemen Risiko Pengadaan Barang/Jasa sudah disusun sejak tahun anggaran 2017, namun terus mengalami penyempurnaan.

Dasar pedoman penyusunan ranperbup ini sejak awal disusunnya adalah pedoman ISO 31000:2009, namun pada bulan Februari 2018 terdapat pembaharuan yang disusun pembaharuannya sebagaimana dapat dilihat dalam website resmi International Organization for Standarization (https://www.iso.org/iso-31000-risk-management.html). Untuk memastikan Ranperbup ini dapat diaplikasikan sebagai pedoman, maka Bagian Pengadaan Barang dan Jasa tengah mengelola informasi risiko, berencana melaksanakan kegiatan focus group discussion, dan menabulasi berbagai informasi terkait layanan untuk dituangkan dalam bentuk laporan manajemen risiko 2017-2018. Kami pun menyadari bahwa perlu dilakukan penyesuaian mengingat Peraturan Presiden Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah terbaru sudah diundangkan dan perlu disesuaikan dalam Ranperbup ini.

Adapun Ranperbup ini memiliki lingkup penggunaan tidak hanya pada Bagian Pengadaan Barang dan Jasa saja, namun dapat dilaksanakan dalam organisasi pengadaan pada lingkup Perangkat Daerah, mulai dari PA, KPA, PPK, PjPHP/PPHP, dan Pejabat Pengadaan, serta pada lingkup PPTK yang diluar dari organisasi pengadaan namun memiliki kaitan erat secara langsung maupun tidak langsung pada pelaksanaan pengadaan barang / jasa. Sehingga dengan mempertimbangkan hal tersebut maka Sub-Bagian Perencanaan dan Pembinaan mempublikasikan Ranperbup Manajemen Risiko versi 30 Juni 2018, harapannya agar dapat diketahui Perangkat Daerah dan mendapat masukan yang berharga terkait proses penyusunan Ranperbup ini.

Masukan, saran perbaikan, penyempurnaan, dan informasi berharga lainnya sangat kami harapkan. atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Unduh : Ranperbup v.30-6-2018