Rilis Terbaru Penambahan Fitur Analisis Beban Kerja Pejabat Pembuat Komitmen dan Perkiraan Pengusulan Pembayaran

Sendawar,

Salah satu fungsi Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa sebagaimana telah diatur dalam Pasal 4 huruf g, Pasal 5 huruf g, dan Pasal 6 huruf c pada Peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Nomor 14 Tahun 2018 tentang Unit Kerja Pengadaan Barang / Jasa adalah :

– monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah

– mengelola informasi manajemen barang /jasa hasil pengadaan

– pengelolaan dan pengukuran kinerja pengadaan barang/jasa pemerintah

menyikapi hal tersebut maka UKPBJ Kutai Barat menambah beberapa fitur pada Manajemen Data UKPBJ (Mandau), dalam rilis versi 5.1 yang menggantikan 5.0.1b kali ini terdapat fitur baru yang mengakomodir pengayaan pengambilan keputusan, yaitu :

1. Perhitungan prognosis keuangan pengajuan penagihan dari penyedia pada saat pencairan uang muka dan perkiraan penagihan pekerjaan setelah dikurangi retensi

2. Perhitungan beban kerja dan rentang paket pada tiap-tiap Pejabat Pembuat Komitmen dilampirkan indikator statistik untuk menunjukkan sebaran distribusi berdasarkan ukuran kemiringan

Berikut ini adalah tampilan print-out keluaran aplikasi terkait kedua fitur baru tersebut dengan menggunakan data dummy.

 

Kedua fitur tersebut diatas digunakan untuk memberikan masukan kepada pihak-pihak terkait untuk mengevaluasi kinerja dari Pejabat Pembuat Komitmen pada Perangkat Daerah, informasi yang dihasilkan dapat digunakan untuk memberikan masukan kepada Pengguna Anggaran untuk mengevaluasi beban dan rentang kerja Pejabat Pembuat Komitmen. Terkait informasi dari prognosis pengajuan pembayaran dapat digunakan sebagai informasi tambahan dalam melakukan monitoring dan evaluasi oleh Perangkat Daerah yang berkewenangan.