Pelaksanaan Layanan Penyusunan Rencana dan Strategi Pengadaan Barang dan Jasa Gelombang I

Bagian Pengadaan Barang dan Jasa selaku Unit Kerja Pengadaan Barang / Jasa (UKPBJ) Pemerintah Kab. Kutai Barat berdasarkan Undangan dari Pengguna Anggaran Perangkat Daerah melaksanakan Layanan Penyusunan Rencana dan Strategi Pengadaan Barang dan Jasa, pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan menghadirkan seluruh Pejabat Pembuat Komitmen, Pejabat Pengadaan, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan, Pejabat Struktural, dan Unsur pendukung lainnya dalam menyusun rencana dan strategi pengadaan barang/jasa tahun anggaran 2020.

Dalam teknis pelaksanaannnya yang dilakukan dengan diskusi pada stakeholders terkait selanjutnya diberikan masukan teknis atas kegiatan pengadaan barang/jasa dan strategi yang meliputi titik kritis kapan seorang PPK paling lambat menyusun dokumen persiapan pengadaan, kapan paling lambat dilakukan pemilihan penyedia, dan waktu tanda tangan kontrak dengan tujuan memberikan ruang waktu yang cukup untuk pelaksanaan kontrak.

Kegiatan dilaksanakan di Dinas Perikanan sebagai Dinas yang pertama kali mengajukan kerjasama untuk pelaksanaan kegiatan ini, kegiatan yang berlangsung pada tanggal 21 November 2019, dalam kegiatan tersebut formulasi strategi yang disusun di tanda tangani oleh Kepala Dinas Perikanan untuk selanjutnya menjadi pedoman dan menjadi bahan monitoring bagi UKPBJ untuk memantau titik kritis pengadaan barang/jasa, khususnya pada tahapan pemilihan penyedia melalui tender/seleksi.

Dokumentasi : Kepala Dinas Perikanan (Kanan) bersama Kepala UKPBJ Kab. Kutai Barat (kiri) menyelesaikan dan menyepakati strategi PBJP T.A 2020

 

Kegiatan serupa juga dilaksanakan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 20 Desember 2019 dengan seluruh stakeholders terkait yang menghadiri kegiatan tersebut untuk menghasilkan strategi pengadaan yang mendukung peningkatan kualitas perencanaan sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembangunan.

 

Dokumentasi : Kepala Dinas dan Kebudayaan (Kanan) bersama Kepala UKPBJ Kab. Kutai Barat (kiri) menyelesaikan dan menyepakati strategi PBJP T.A 2020

Dalam urgensi dan kebutuhan yang sama terkait peningkatan kualitas perencanaan pengadaan, Rumah Sakit Umum Daerah Harapan Insan Sendawar (RSUD HIS) turut berkerjasama dengan UKPBJ pada hari Senin tanggal 9 Desember 2019 dengan mekanisme kegiatan yang serupa, seluruh RKA dari RSUD HIS direviu untuk ditemukan optimalisasi strategi pengadaan yang terbaik dengan menentukan titik waktu pelaksanaan tahapan-tahapan pengadaan barang/jasa berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Dokumentasi : Kegiatan Layanan Penyusunan Rencana dan Strategi PBJP di RSUD HIS

 

Kegiatan ini terlaksana dengan mekanisme cost sharing dimana perangkat daerah yang menyambut kerjasama LPRS ini menyediakan operasional ruang dan konsumsi acara, sedangkan tim LPRS bersumberkan anggaran dari kegiatan fasilitasi dan operasional UKPBJ TA 2019, selain Dinas dan RSUD yang disebutkan diatas dalam waktu dekat masih terdapat 2 Perangkat Daerah yang dalam waktu dekat akan melaksanakan kegiatan serupa, dalam hal ini UKPBJ Kab. Kutai Barat mengucapkan terimakasih atas kerjasama dan kesediaan perangkat daerah dalam mendukung proses perencanaan pengadaan yang lebih baik kualitasnya serta memberikan kesempatan UKPBJ Kab. Kutai Barat untuk melakukan peran nya sebagai pusat keunggulan pengadaan barang/jasa pemerintah di lingkungan Pemerintah Kab. Kutai Barat guna mendukung perbaikan berkelanjutan.