Tugas Dan Fungsi

Tugas Dan Fungsi Pengadaan Barang Dan Jasa Secara Umum
  1. Tugas pokok secara umum adalah memfasilitasi layanan pengadaan barang dan jasa, menyelenggarakan perencanaan, pembinaan, pelaksanaan dan penatausahaan pengadaan barang dan jasa serta evaluasi dan penyelesaian sanggah dalam proses pengadaan barang dan jasa;
  2. Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut maka Bagian Pengadaan Barang dan Jasa secara umum mempunyai fungsi sebagai berikut :
    • Penyusunan petunjuk teknis dan rencana umum pengadaan barang dan jasa;
    • Pengendalian dan evaluasi kebijakan dalam proses pengadaan barang dan jasa;
    • Penyelenggaraan administrasi layanan pengadaan barang dan jasa;
    • Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.
  3. Untuk menyelenggarakan fungsinya maka Bagian Pengadaan Barang dan Jasa memiliki uraian tugas sebagai berikut:
    • Menyusun program dan kegiatan Bagian Pengadaaan Barang dan Jasa sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
    • Membina, membagi tugas, memberi petunjuk dan menilai hasil kerja bawahan;
    • Mengkonsultasikan seluruh kegiatan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa dengan Asisten Ekonomi, Pembangunan dan SDA;
    • Mengoordinasikan dan merencanakan kegiatan dengan perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat terkait dengan pengadaan barang dan jasa;
    • Menginventarisasi dan mengevaluasi berbagai permasalahan atau kendala yang dihadapi serta mencari solusi dan/atau pemecahan masalah dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa;
    • Mengoordinasikan penyusunan rencana umum pengadaan barang dan jasa;
    • Mengoordinasikan penyusunan dan pelaksanaan strategi pembinaan administrasi pengadaan barang dan jasa;
    • Mengelola sistem pengadaan dan sistem informasi manajemen pengadaan barang dan jasa;
    • Mengoordinasikan pembinaan dan pengembangan SDM pengadaan barang dan jasa;
    • Menyiapkan bahan penyusunan petunjuk teknis kebijakan perencanaan, pelaksanaan, pembinaan dan evaluasi kegiatan pengadaan barang dan jasa;
    • Mengoordinasikan penyelesaian sanggah dalam proses pengadaan barang dan jasa;
    • Memfasilitasi pelaksanaan pengadaan barang dan jasa;
    • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa;
    • Menyelenggarakan administrasi jabatan fungsional pengadaan barang dan jasa sesuai peraturan perundang-undangan;
    • Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Asisten Ekonomi, Pembangunan dan SDA;
    • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sub Bagian Evaluasi dan Penyelesaian Sanggah
  1. Sub Bagian Evaluasi dan Penyelesaian Sanggah mempunyai tugas pokok menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pelaksanaan kebijakan, pengendalian dan pengawasan kebijakan di bidang evaluasi dan penyelesaian sanggah dalam proses pengadaan barang dan jasa;
  2. Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut maka  Sub Bagian Evaluasi dan Penyelesaian Sanggah mempunyai fungsi sebagai berikut :
    • Penyiapan perumusan kebijakan di bidang evaluasi dan penyelesaian sanggah dalam proses pengadaan barang dan jasa;
    • Pelaksanaan kebijakan di bidang evaluasi dan penyelesaian sanggah dalam proses pengadaan barang dan jasa;
    • Pengendalian dan pengawasan kebijakan di bidang evaluasi dan penyelesaian sanggah dalam proses pengadaan barang dan jasa;
    • Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.
  3. Untuk menyelenggarakan fungsinya maka Sub Bagian Evaluasi dan Penyelesaian Sanggah memiliki uraian tugas sebagai berikut :
    • Menyusun program dan kegiatan Sub Bagian Evaluasi dan Penyelesaian Sanggah sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
    • Menyiapkan bahan jawaban atas sanggahan yang disampaikan oleh penyedia barang/ jasa;
    • Menyiapkan bahan untuk membantu penyelesaian pengaduan dan sanggahan banding;
    • Melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan pengadaan barang dan jasa;
    • Memberikan data dan informasi kepada Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa mengenai penyedia Barang/ Jasa yang melakukan perbuatan seperti penipuan, pemalsuan, dan pelanggaran lainnya;
    • Menyiapkan dokumen pendukung dan informasi yang dibutuhkan kelompok kerja;
    • Menginventarisasi paket-paket yang akan dilelang atau diseleksi;
    • Menyiapkan dokumen pendukung dan informasi yang dibutuhkan oleh kelompok kerja;
    • Memfasilitasi pelaksanaan pemilihan penyedia barang/jasa yang dilaksanakan oleh kelompok kerja;
    • Menyusun dokumen Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Bagian Pengadaan Barang dan Jasa;
    • Melaksanakan ketatausahaan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa;
    • Melaksanakan pelaporan kegiatan Sub Bagian Evaluasi dan Penyelesaian Sanggah; dan
    • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Sub Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa
  1. Sub Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa mempunyai tugas pokok dalam menyiapkan bahan perumusan kebijakan, koordinasi program dan pelayanan administrasi di bidang layanan pengadaan barang dan jasa;
  2. Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut maka Sub Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa, mempunyai fungsi sebagai berikut :
    • Penyiapan perumusan kebijakan urusan layanan pengadaan barang dan jasa;
    • Pelaksanaan urusan layanan pengadaan barang dan jasa;
    • Pengoordinasian pelayanan administrasi urusan layanan pengadaan barang dan jasa;
    • Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.
  3. Untuk menyelenggarakan fungsinya maka Sub Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa, memiliki uraian tugas sebagai berikut :
    • Menyusun program dan kegiatan Sub Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
    • Memfasilitasi pelaksanaan pengadaan barang/jasa secara elektronik (e-procurement);
    • Mengoordinasikan tenaga ahli dan/atau staf pendukung dalam proses pengadaan barang/jasa;
    • Melaksanakan pelaporan kegiatan Sub Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa; dan
    • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Sub Bagian Perencanaan dan Pembinaan
  1. Sub Bagian Perencanaan dan Pembinaan mempunyai tugas pokok dalam menyiapkan bahan perumusan kebijakan, kordinasi program dan pelayanan administrasi, pengendalian dan evaluasi kebijakan di bidang perencanaan dan pembinaan dalam proses pengadaan barang dan jasa;
  2. Untuk melaksanakan tugas pokoknya maka Sub Bagian Perencanaan dan Pembinaan mempunyai fungsi sebagai berikut :
    • Penyiapan perumusan kebijakan urusan perencanaan dan pembinaan dalam proses pengadaan barang dan jasa;
    • Pengoordinasian pelayanan administrasi urusan perencanaan dan pembinaan dalam proses pengadaan barang dan jasa;
    • Pengendalian dan evaluasi kebijakan urusan perencanaan dan pembinaan dalam proses pengadaan barang dan jasa;
    • Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.
  3. Untuk menyelenggarakan fungsinya maka Sub Bagian Perencanaan dan Pembinaan memiliki uraian tugas sebagai  berikut :
    • Menyusun program dan kegiatan Sub Bagian Perencanaan dan Pembinaan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
    • Mengoordinasikan penyusunan rencana umum pengadaan barang dan jasa;
    • Mengoordinasikan proses penilaian angka kredit jabatan fungsional;
    • Memfasilitasi penyusunan ketatalaksanaan pengadaan barang dan jasa;
    • Melaksanakan pemberian bimbingan teknis kepada perangkat daerah yang terkait proses pengadaan;
    • Melaksanakan pembinaan dan fasilitasi program-program pelatihan untuk meningkatkan keterampilan pengadaan bagi perangkat daerah;
    • Melaksanakan pelaporan kegiatan Sub Bagian Perencanaan dan Pembinaan; dan
    • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.