• Pendahuluan.

Menjaga integritas khususnya bagi ASN maupun pekerja di pelayanan publik merupakan hal yang wajib dilaksanakan setiap saat dalam kondisi apapun. Dalam upaya menjaga integritas tersebut kita harus memahami hal-hal yang berkaitan dengan benturan kepentingan. UKPBJ selaku Pusat Keunggulan Pengadaan Barang/Jasa melakukan soisalisasi pencegahan Antikoupsi dan pengelolaan benturan kepentingan pada proses pengadaan. Untuk itu diperlukan pemahaman mengenai benturan kepentingan untuk terus menjaga integritas dan menghindari masalah di kemudian hari. Disampaikan melalui Daring melalui Aplikasi Zoom Meeting pada 27 Juli 2023 mengenai penanganan terkait benturan kepentingan dalam pembangunan integritas. Informasi ini sangat perlu disosialisasikan mengingat benturan kepentingan yang menimbulkan penyalahgunaan wewenang dapat meningkatkan risiko timbulnya tindak pidana korupsi bagi unsur ASN/Non ASN Perangkat Daerah di Lingkungan pemerintah Kab. Kutai Barat.

 

  • Kegiatan yang dilaksanakan

             Kegiatan dilaksanakan Secara daring berdasarkan hasil absensi di dapati sebanyak 92 orang peserta, kemudian peserta dibagikan link zoom meeting sesuai dengan tanggal dan hari kegiatan untuk kemudian dilanjutkan dengan proses pelaksanaan kegiatan yang akan dilaksanakan dengan dokumentasi sebagimana tercantum pada lampiran dokumentasi kegiatan. Kegiatan di buka oleh Kepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa Bpk. Paskalis Dedi, S.Farm., Apt., CSCM., CPSp dengan Narasumber Fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Ahli Muda Bpk. Christian Gamas., S.H., S.T., M.M., AFP., Cp.NLP., CLMA., C.RM., CSCM., C.Med., CPOf., CPSp pada pukul 09:00 WITA hingga 12:18 WITA. Keseluruhan pelaksanaan kegiatan dapat dilihat melalui rekaman yang dapat diakses secara daring melalui tautan : https://www.youtube.com/watch?v=V_5VME126u8.

 

  • Kesimpulan

            Kegiatan sosialisasi antikorupsi dan pengelolaan benturan kepentingan dalam proses pengadaan bertujuan untuk memberikan informasi bagaimana mengelola benturan kepentingan dan cara penanganannya ketika terjadi hal-hal yang melanggar etika pengadaan dan cara penyelesaiannya. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan persamaan persepsi atas etika pengadaan yang mencakup penanganan konflik / benturan kepentingan.

  • Dokumentasi Kegiatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *